Social Icons

Pages

Selasa, 20 Mei 2014

10 KEUNIKAN CUMA ADA DI CIREBON

Cirebon adalah kota mandiri dan kota paling maju kedua di jawa barat setelah kota bandung, tapi sekarang kota Cirebon akan menjadi provinsi Cirebon dan provinsi ke 34 di Indonesia . wilayah yang masuk provinsi cirebon adalah : CIREBON, INDRAMAYU, MAJALENGKA, KUNINGAN, BREBES, TEGAL, SUBANG, PURWAKARTA, Cirebon perbatasan jawa barat dan jawa tengah, dan Cirebon pusat jalur jalan pantura wilayah utara.

1. 1.  Pelabuhan kota Cirebon
Pelabuhan kota Cirebon adalah pelabuhan tertua di Indonesia, zaman dulu pelabuhan kota Cirebon tempat jual beli pedagang dari barat dan timur, pelabuhan kota Cirebon terbagi menjadi dua yaitu pelabuhan muara jati tempat bongkar muat barang dan pelabuhan nelayan kejawaan tempat centar ikan kota Cirebon

1. 2. Kraton kota Cirebon
Kraton kota Cirebon memiliki tiga kraton yaitu kraton kesepuhan, kraton kanoman, dan kraton Kacerbonan. Kraton kesepuhan yaitu tempat tinggal keluarga besar kesultanan Cirebon, kraton kanoman yaitu tempat musem peninggalan para wali dan peninggal para penjajahan, dan kraton kacerbonan yaitu tempat tinggal keluarga besar kesultanan Cirebon

1. 3. Masjid kota Cirebon
Masjid kota Cirebon yang paling terkenal adalah masjid sang cipta rasa, masjid ini adalah satu-satunya di dunia yang menggunakan bahasa jawa, mayoritas masjid para wali menggunakan nama masjid berbahasa arab.

1. 4. Adzan tujuh orang
Adzan tujuh orang dilakukan setiap hari jumat di masjid sang cipta rasa, adzan tujuh orang adalah adzan tujuh orang pertama kali di dunia dan adzan tujuh orang terunik di dunia, adzan tujuh orang sebagai warisan para wali.

1. 5. Kesenian kota Cirebon
Kesenian kota Cirebon banyak sekali seperti : TARI TOPENG CIREBON, TARI SINTREN, BUROK, TARLING, PESTA LAUT, DLL. Kesenian kota Cirebon memiliki ciri sendiri, contoh seperti TARI SINTREN jika di lempar uang si penari kan diam (berhenti menari) .

1. 6. Makanan dan minuman kota Cirebon
Makanan dan minuman kota Cirebon sangat banyak seperti berikut : NASI JAMBLANG, NASI LENGKO, SAMBIL TRASI, SOP BUAH CAMPUR, SATE KALONG, EMPAL GENTONG, DLL. Makanan dan minuman kota cibon juga memiliki cirri khas seperti NASI JAMBLANG dibungkus dengan daun jati.

1. 7. stasiun Cirebon
stasiun Cirebon memiliki dua stasiun terbesar di Cirebon yaitu stasiun kejaksan dam stasiun prujakan. Stasiun Cirebon adalah stasiun tertua di Indonesia usia stasiun Cirebon hamper 1000 tahun. Dan stasiun Cirebon satu-satunya yang memiliki terowongan di Indonesia

88. Musik dan lagu Cirebon
Jenis music dan lagu Cirebon adalah TARLING singkatan dari GITAR LAN SULING, music dan lagu kota Cirebon sudah terkenal di mana mana bahkan mendunia

1. 9. Pesantren cirebon
Pesantern Cirebon memiliki 5 pesantren yang sudah di Indonesia seperti berikut : BUNTET PESANTREN, PESANTREN BABAKAN, PESANTREN KEMPEK, PESANTERN JAGASATRU, PESANTREN DI DAERAH SUMBER CIREBON, dan buntet pesantren adalah pesantren tertua di Indonesia.

1. 10. Densus 99
DENSUS 99 berpusat di kota cirebon. Yang baru di dirikan oleh organisasi terbesar di Indonesia yaitu NAHDLATUL ULAMA. Pada hari jadi NAHDLATUL ULAMA yang ke 86 di stadion gelora bung karno Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates