Social Icons

Pages

Selasa, 20 Mei 2014

Ragam Khas Kota Cirebon

Empal Gentong

Masakan yang serupa gulai ini dimasak dengan daging sapi, kuah santan, dan bumbu kuning, lalu ditaburi kucai, dan bawang goreng. Namun tidak lengkap rasanya jika tanpa cabai merah bubuk. Empal Gentong ini dimasak di atas kayu bakar dengan menggunakan gentong yang terbuat dari gerabah. Di sepanjang Jalan Tengahtani banyak rumah makan yang menjual empal gentong ini. Apalagi saat weekend,  rumah makan tersebut ramai dikunjungi para pemburu kuliner yang kebanyakan datang dari luar kota. 

Objek wisata plangon

Lokasinya di Desa Babkan Kecamatan Sumber berjarak kurang lebih sekitar 10 km dari kota Cirebon. Tempat rekreasi yang memiliki panorama alam yang indah ini dihuni oleh sekelompok kera liar. Selain sebagai tempat rekreasi, disini juga terdapat makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

Puncak acaranya biasa di waktu ziarah Plangon tanggal 2 syawal, 11 Dzulhijjah, dan 27 Rajab. Untuk pengembangan dari objek wisata ini meliputi lahan sekitar 10 Ha, dan status tanah ini adalah milik Kesultanan. Pengunjung yang datang rata-rata sekitar 58.000 pengunjung/tahun.



Motif Batik Cirebon


Salah satu motif batik Cirebon adalah motif batik mega mendung, yaitu motif batik cirebon yang banyak dipengaruhi kebudayaan china. Motif batik cirebon mega mendung ini memiliki ciri khas yaitu bentuk garis-garis awan yang berbentuk lonjong, lancip dan segitiga yang berbeda dengan garis awan motif China yang umumnya berbentuk bulatan. 

Yang kedua adalah motif batik Naga Silam, motif ini hampir sama dengan motif batik mega mendung, karena motif batik naga silam juga dipengaruhi oleh kebudayaan dari China. Perbedaannya adalah motif batik naga silam juga dipengaruhi oleh kebudayaan dari India. Corak motif naga silam mempunyai makna yaitu peperangan antara kebaikan melawan kejahatan untuk mencapai suatu kemakmuran.





Keraton Kasepuhan 
Keraton termegah dan paling terawat diCirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo didalamnya.
Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri.
Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi bendapusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. 


Tjanpolay 

Tjanpolay adalah minuman sirup yang disajikan dalam bentuk botol. Penyajiannya sama dengan bentuk sirup lainnya. Sirup Tjampolay memiliki cita rasa tersendiri. Sirup ini memiliki rasa yang beraneka ragam, ada rasa pisang susu, lici, jeruk nipis, melon, dan strauberi membuat rasa semakin nikmat 



Kerupuk yang berwarna coklat kehitaman (warna kulit) ini terbuat dari kulit kerbau pilihan. Kerupuk ini bentuknya besar-besar dan ukurannya lebar. Dengan warna yang alami membuat rasa krupuk lambak ini sangat gurih nan nikm
at


- See more at: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates